Kamis, 01 November 2012

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Hasil temuan para ahli arkeolog bahwa teknologi sebelum masehi dikelompokan menjadi 2 periode yaitu teknologi zaman sebelum masehi dan teknologi zaman masehi.

teknologi zaman sebelum masehi terdapat 4 kelompok yaitu :
  • petroglyph 
yaitu media informasi gambar melalui batu besar atau dinding gua yang dilukis menurut pengalaman atau kondisi masyarakat pada zaman itu. bangsa yang pertama kali menggunakan metode ini adalah bangsa barbar pada tahun 30.000-14.000 SM.
  • cuneifrom 
yaitu simbol tulisan informasi yang di tuliskan pada tanah yang lunak lalu di keringkan dan disimpan sebagai arsip. bangsa yang pertama kali menggunakan metode ini adalah bangsa sumeria pada tahun 3.500 SM.
  • papyrus 
yaitu informasi yang menggunakan huruf,simbol,dan gambar pada media daun. bangsa yang pertama kali menggunakan metode ini adalah bangsa nesir pada tahun 2600 SM.
  • stonehenge 
yaitu teknologi informasi melalui media batu besar yang disusun untuk meramal,memperkirakan atau membaca kondisi alam. kondisi alam seperti musim yang akan datang dan itu mempengaruhi kemampuan manusia dalam beradaptasi untuk perubahan kondisi alam tersebut. bangsa yang pertama kali menggunakan metode ini adalah bangsa sallisburry plain yaitu inggris selatan pada tahun 1900 SM.

  • quipus 
yaitu informasi yang menggunakan media tali simpul untuk mengetahui jumlah populasi atau saat pembayaran pajak. metode ini digunakan oleh nenek moyang bangsa peru.perbandingan antara setiap metode adalah :
  • petroglyph :metode ini adalah metode paling awal yang digunakan pada zaman sebelum masehi, jadi metode ini banyak kekurangannya.
  • cuneifrom : 
metode ini  banyak terdapat keunggulan di bandingkan petoglyph yaitu :
  1. penggunan huruf dan simbol meningkatkan pemahaman isi informasi yang disampaikan.
  2. penggunaan media tanah liat akan memungkinkan meningkatkan penyebaran informasi.
  3. penataan yang baik akan mempermudah untuk mencari informasi yang dibutuhkan.
  • papyrus : dibandingkan dengan 2 metode yang diatas metode ini memiliki kelebihan :
  1. media informasi yang lebih ringan
  2. menambahkan gambar yang relistis untuk melengkapi simbol dan huruf agar pemahaman tentang informasi yang diinginkan meningkat.
  • stonehenge : metode ini berbeda dengan metode yang lainnya karena metode ini meiliki media yang sangat besar yaitu bongkahan batu yang besar.metode ini digunakan untuk memahami atau meramalkan kondisi alam yang akan datang.
  • Quipus : metode ini lebih simpel dibandingkandengan perkembangan teknologi lainnya dan lebih fleksibel ketika terjadi perubahan informasi atau data terkini.
teknologi informasi setelah masehi terdapat 5 kelompok yaitu :
  • kertas
sebenarnya kertas ini merupakan penyempurnaan dari papyrus dimasa peradaban mesir kuno yang berfungsi untuk menulis dan menggambar dalam upaya menyampaikan informasi.kertas ini dikenal pada tahun 101 dinegara cina lalu menyebar ke negara jepang dan korea seiring penyebaran masyarakat cina ke daerah itu. lalu jepang menyebarkan ke negara arab pada tahun 751 masehi,sedangkan di benua eropa kertas sendiri dikenalkan ole bangsa moors di spanyol.
  • alat percetakan
alat cetak ini pada awalnya ditemukan dicina dan korea pada tahun 175 masehi namun di sempurnakan oleh johann gutenberg pada tahun 1436 namun di resmikannya alat ini pada tahun 1439. pada dasarnya alat ini digunakan untuk memperbanyak informasi seperti  koran atau majalah yang bergantung pada kerja alat ini dan alat ini berpengaruh besar terhadap peradaban manusia.
  • radio
radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan proses perubahan suatu gelombang periodik sehingga enjadikan suatu sinyal mampu membawa suatu informasi dan gelombang elektromagnetik. alat ini digunakan pertama kali oleh angkatan laut jepang untuk memata-matai armada rusia dalam perang tsushima pada tahun 1901.
  • televisi
televisi merupakan teknologi telekomunikasi yang mampu menerima siaran gambar bergerak serta suara. televisi juga dapat didefinisikan sebagai alat komunikasi jara jauh yang menggunakan media visual.
  • telepon
pada tahun 1871 antonio meucci berhasil melakukan penemuan yang memungkinkan adanya komunikasi dalam bentuk suaraantara dua orang dengan menggunakan perantara kabel. telepon sendiri dibuat utuk menyampaikan informasi.
  • komputer
komputer adalah alat elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima,menyimpan,memproses,dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan dalam memori. komputer menurut generasi di bagi menjadi 5 bagian yaitu komputer generasi ke-1,ke-2,ke-3,ke-4,ke-5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar