Minggu, 21 Oktober 2012

Pengertian dan Analisis S.WO.T

S.W.O.T 
yaitu metode perencanaan strategi yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan,kelemahan.peluang,dan ancaman dalam suatu proyek atau spekulasi bisnis.

Analisis mengenai S.W.O.T dalam sebuah perusahaan
  • Strength (Kekuatan) yaitu bagaimana kekuatan yang ada didalam suatu perusahaan baik itu dari segi internal ataupun dari segi eksternal. contoh : perusahaan A memiliki kekuatan dari segi internal yaitu dari pegawai,manager,dll. dan dari segi eksternal yaitu pemasok,lokasi,pelanggan,dll
  • Weakness (Kelemahan) yaitu faktor ini yang mungkin dapat dimanfaatkan oleh pesaing untuk menjatuhkan sebuah preeusahaan, contoh : kelemahan di perusahaan A  yaitu dari manager atau pegawai dimana manager diperusahaan A tidak bekerja dengan baik dan pegawai disana tidak memenuhi aturan yang ada.
  • Opportunities (Peluang) yaitu berapa porsen peluang yang di daparoleh suatu perusahaan untuk mencapai tujuan nya.namun untuk mencapai tujuan itu suatu perusahaan akan bergantung pada perencanaan yang baik. dimana perusahaan itu harus merencanakan suatu tujuan dengan sangat matang dan memikirkan dari segala aspek yang bisa membantu ataupun menghambat tujuan itu tercapai.
  •  Threats (Ancaman) yaitu pesaing,dimana pesaing ini akan menghambat kesejahteraan dari suatu perusahaan. dan tentunya akan mecoba menghancurkan lawan kerja suatu perusahaan. 
JENIS PERENCANAAN
Jenis perencanaan ini dapat di lihat dari berbagai segi : Jangkauan,Kurung waktu,Spesifitas,Frekuensi Penggunaan.

  • Segi Jangkauan : dari segi jangkauan ini perencanaan dibagi kembali menjadi 3 bagian yaitu : Strategis,Taktis,Operasional.
  1. Strategis yaitu rencana awal yang ingin kita capai atau bisa dibilang sabagai VISI. dan biasanya dalam kurung waktu yang lama
  2. Taktis yaitu rencana yang nenyongsong tujuan awal agar tercapai. biasanya dalam kurung waktu yang agak lama.
  3. Operasional yaitu target dana dari perencanaan kita  baik itu dala bulan maupun dalam tahun. biasanya dalam kurung waktu yang cepat.
  • Segi Kurung Waktu
  1. Jangka Panjang yaitu rencana yang kita siapkan dalam kurung waktu yang lama
  2. jangka Menengah yaitu rencana yang akan dilaksanakan dalam kurung waktu yang agak lama.
  3. Jangka Pendek yaitu rencana yang akan kita lakukan dalam waktu dekat.
  • Segi Spesifitas
  1. Arahan yaitu arahan dari seorang manager kepada pegawainya dalam bekerja, dan untuk mencapai tujuan awal dari suatu perusahaan.
  2. Spesifik yaitu  pengarahan seorang manager kepada bawahan nya secara rinci baimana kondisi perusahaan,cara kerja pegawai,dll
  • Segi Frekuensi Penggunaan
  1. Sekali Pakai yaitu rencana yang hanya di lakukan 1x saja. contoh di perusahaan A akan mengadakan event TAUSIAH BERSAMA USTADZ MANSYUR. dan event ini hanya diadakan 1x dalam perencanaan yang sudah direncanakan oleh perusahaan A.
  2. Siaga yaitu rencana yang sudah rutin dilaksanakan. contoh perusahaan A selalu mengadakan promo pada hari-hari besar dan mengadakan diskon besar-besaran pada akhir tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar